Rabu, 18 Juli 2012

Pendahaluan dan Pengantar


Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas kasihNya penulis pada usia 71 tahun masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menulis blog yang sederhana ini dalam menyambut Pesta Partangiangan Pomparan Ompu Ni Ulang Dongan Hutasoit di Peanariburan.

Pesta ini adalah pesta martangiang yang berarti kita semua di Huta Peanariburan ini berkumpul untuk berdoa bersama memohon berkat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Yang Maha Kuasa dan bersyukur karena :

1. Sejak ke-4 (empat) omputta na marhaha-maranggi yaitu Op. Panaluan ,Op. Somanala, Op. Toga Sahata, dan Op Sangga Uluan yang konon berpisah meninggalkan Huta Peanariburan karena perselisihan antar mereka.

2. Bahwa berkat dan berkenan Tuhan Kita (na marhaha-maranggi pomparannya) sekarang telah berkumpul duduk bersama dan rukun (sahundulan) maka kita dijanjikan tuhan Mendapat Berkat (Mazmur / Pslm 133).

Adapun untuk menambah wawasan khususnya keturunan Ompu Ni Ulang Dongan dalam blog ini penulis menambahkan silsilah/tarombo Ompu Ni Ulang dongan (sipukka huta Peanariburan) adalah putra ketiga (3) Parpati Toba (generasi/sundut ke-6 Hutasoit / Borsak Bimbinan) dengan anak sasadanya Ompu Ni Ulang Bao dan 4 putranya (Op Panaluan, Op Somanala, Op Toga Sahata, serta Op Sangga Uluan).

Dengan demikian semuua pomparan Ompu Ni Ulang Dongan dapat mengetahui silsilah / tarombonya masing masing mulai dari Borsak Bimbinan ( Hutasoit) sampai ke dirinya/sundut generasi ke-17 Hutasoit dari Pomporan Ompu Somanala (generasi ke-9 Hutasoit)

Sebagai penutup kami (penulis) menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kata sempurna baik metode juga bobot,namun seperti kata pepatah "Kalau tidak ada rotan akarpun jadi" maka didorong oleh keinginan dan rindu bonapasogit serta sosok ni omputta yang dahulu tinggal di kampung makan tulisan ini hanyalah salah satu cara bersosialisasi. Ada satu lagu ciptaan seorang komponis batak yaitu Drs. Bonar Gultom gelar Gorga,lagunya ialah Arga do Bona Ni Pinasa = Bona Pasogit di Angka dan pantas marroha (orang-orang bijak / baik)

Semoga Tulisan ini berguna dan hanya untuk turunan dan boru Ompu Ni Ulang Dongan Hutasoit.

Jakarta ,Awal April 2012
oleh
dto,
St Alfred Hutasoit SH, Sp.N / Op Marthin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts